Cara Ampuh Memperbaiki Memori HP yang rusak

SUSAHTAHU.com - SDCard (Kartu SD) adalah sebuah memori eksternal yang sering kita gunakan pada smartphone. Mungkin sekarang sudah banyak smarthpone yang menggunakan memori Internal yang sudah besar , tapi tidak menutuk kemungkinan juga masih banyak yang menggunakan atau menyimpan datanya dimemori Eksternal.

Mungkin kalian pernah mengalami Kerusakan pada memori Eksternal atau tidak terbaca dismartphone , hal tersebut membuat kita sulit memindahkan data-data dalam memori tersebut. Kita selalu menyangka memori tersebut sudah tidak bisa dipakai apalagi diperbaiki.

Sebelum kita berprasangka pada dua kemungkinan tersebut , alangkah baiknya kita lakukan beberapa hal tersebut untuk memastikan kalo memori tersebut benar-benar rusak atau tidak.



Berikut cara memperbaiki memori yang tidak terbaca :

  •  Membersihkan Kartu Memori
  1. Pertolongan pertama untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu.
  2. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih.
  3. Jika yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori lalu periksa apakah sudah terbaca atau belum.
  
 
  •  Melakukan Format dari Android
  1. Masuk ke menu Setting > Storage.
  2. Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru. 
  
 
  • Cek Error dari PC
  1. Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
  2. Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  3. Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.  
  4. Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.
  
 
  • Format dari PC

Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini:
 
  1. Buat folder baru di HardDisk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
  2. Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi.
  3. Jika sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
  4. Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi.
  5. Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak. 
Jika  Memori Kalian masih belum terbaca , bisa dipastikan memori kalian rusak. dan cara satu-satunya adalah kalian haru mengganti memori kalian dengan yang baru..

Posting Komentar

MKRdezign

{facebook#https://m.facebook.com/susahtahuofficial/?_rdr} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/108267926175407932042/posts} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://www.instagram.com/susahtahu}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget