Hal pertama yang harus dilakukan ketika seseorang terkena serangan stroke

pertolongan pertama pada penderita stroke, stroke, stroke ringan,

SUSAHTAHU.com - Stroke adalah salah satu penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia dan dengan kecenderungan terus meningkat, ini merupakan data dari Yayasan Stroke Indonesia.

Pentingnya pengetahuan tentang cara melakukan pertolongan P3K kepada orang yang terserang stroke. Ini sangat penting, karena ketika seseorang terkena stroke, maka orang-orang yang disekelilingnya biasanya akan panik. Padahal pertolongan pertama pada saat terjadinya stroke, sangat menentukan "Nasib" si penderita.

hal pertama dan yang cukup penting adalah memposisikan diri anda pada kondisi yang tenang agar bisa berpikir jernih dan tidak panik. Lalu pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu beberapa langkah berikut ini :


  • Jangan dipindahkan
Jika anda memindahkan penderita dari tempat asal / tempat semula itu akan membuat kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus dalam otak akan semakin cepat terjadi dan tentunya ini akan beresiko. Cukup bantu penderita mengambil posisi untuk duduk supaya tidak terjatuh lagi.
  • Tarik – tarik dan tusuk daun telinga 
Apabila mulut penderita terlihat kurang normal, anda mungkin harus mencoba menarik – narik kedua telinga penderita tersebut hingga terlihat agak kemerahan. Kemudian, lakukan 2 kali tusukan pada ujung bawah telinga dengan jarum kecil yang sudah disterilkan sehingga darah menetes 2 kali dari dari masing masing daun telinga. Dalam beberapa menit mulut penderita akan kembali normal.
  • Tusuk ujung – ujung jari dengan jarum 
Dianjurkan menggunakan jarum suntik. Tetapi jika tidak ada maka anda bisa menggunakan jarum lain yang tidak terlalu besar (ex: jarum jahit, jarum pentul) dan tentunya harus dalam kondisi steril dengan cara dibakar. Titik yang harus ditusuk adalah sekitar 1 mm dari ujung kuku. Usahakan agar setidaknya darah bisa menetes sedikit  / 1 tetes cukup. Jika tidak bisa, tekan jari jari tersebut. Dalam jangka waktu sekitar 10 menit, penderita akan sadar kembali.
  • Cari pertolongan medis, saat kondisi penderita mulai pulih kembali 
Segeralah cari pertolongan medis. Bawalah penderita ke dokter terdekat atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan yang lebih lanjut. Ingat, sebelum 6 jam sejak dihitung sejak serangan, penderita stroke sudah harus mendapat pertolongan medis.
Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi kita semua, karena ketidak tahuan dan kurangnya pengetahuan terkadang hal yang sepele bisa sangat membantu dalam situasi darurat.

Posting Komentar

MKRdezign

{facebook#https://m.facebook.com/susahtahuofficial/?_rdr} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/108267926175407932042/posts} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://www.instagram.com/susahtahu}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget